Mengenal Konsep Marketing Mesin Pencari – SEM

Mengenal Konsep Marketing Mesin Pencari – SEM

seographicgoogle-adwords
Apa itu SEM?

SEM (Search Engine Marketing) adalah proses untuk mendapatkan pengunjung situs dengan membeli iklan di mesin pencari.

125Jika kita mengeluarkan  dana untuk memasarkan produk dengan cara tradisional seperti Papan Bilboard di jalan raya, Iklan di TV, Majalah dsb, ini artinya secara tradisional perusahaan mencari pelanggan dengan meningkatkan awereness atau perhatian dengan menargetkan orang-orang dengan menyeluruh. Cara ini seperti perusahaan menggunakan kaca pembesar membidik semua calon pelanggan anda.

 

man with magnifying glass png Google Search

Google Search Result

Berbeda dengan SEM, atau Marketing menggunkan Mesin Pencari seperti Google, cara ini adalah cara modern dengan memanfaatkan orang yang sedang mencari secara spesific suatu produk tertentu, maka dengan cara ini anda membiarkan orang tersebut melihat iklan yang sesuai dengan kata kunci yang dicari, dan ini lebih tertarget. Cara marketing modern ini adalah membuat para calon pelanggan anda menggunakan kaca pembesar mencari anda sebagai penyedia produk yang mereka cari, menarik bukan?.

Kadang-kadang Anda mendengar orang-orang menggunakan istilah SEO dan SEM secara bergantian dan meskipun kedua istilah ini mungkin pernah memiliki asal & makna yang sangat dekat, dimana pada mulanya SEM merupakan payung yang merujuk didalamnya berupa SEO dan dan kegiatan pencarian berbayar. Seiring waktu, industri telah mengadopsi akronim SEM untuk merujuk semata-mata untuk pencarian berbayar.

Berikut adalah beberapa istilah yang paling umum juga digunakan untuk merujuk kepada kegiatan SEM:

  • Paid search ads
  • Paid search advertising
  • PPC (pay-per-click)
    • PPC (pay-per-call) – beberapa iklan, terutama yang disajikan kepada pengguna pencarian mobile, mungkin akan dikenakan biaya dengan jumlah klik yang mengakibatkan panggilan langsung dari smartphone.
  • CPC (cost-per-click)
  • CPM (cost-per-thousand impressions)

Seperti yang kita lihat, SEM melibatkan iklan berbayar seperti Google Adwords. Proses ini melibatkan pembuatan kampanye dan pengukuran hasil kampaye. Anda menetapkan anggaran dan berharap akan cepat mengembalikan investasi. Ini juga merupakan cara tercepat agar website Anda muncul di halaman pertama hasil mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

Benefit Menggunakan Google Adwords
Menggunakan Google Adwords berarti kita memanfaatkan benefit seperti:

  • Mengontrol Biaya sesuai Budget
  • Menentukan sendiri dimana iklan akan tampil sesuai target yang diinginkan
  • Dapat dengan mudah mengedit iklan dan kata kunci yang dipakai
  • Tentu saja kita akan mudah mengukur profitabilitas iklan kita
Hubungi kami dan mari berdiskusi ? kami dengan senang hati akan membantu bisnis anda berkembang
Hubungi WA 089686783948 atau email ke widy.jantiko@gmail.com.


Sumber:

  • http://searchengineland.com/guide/what-is-paid-search
  • www.mindreachconsulting.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *